FINAL PROJECT STI


Nama:

Patrick Sungkharisma
Jonathan Alphabert Sutanto
Octavianus Giovanni
Yovi Agustian

NRP:

05111740000041
05111740000053
05111740000113
05111740000125

1) GAME DESCRIPTION

Tujuan Game: 
Melindungi Garuda dan meraih score setinggi mungkin.

Control:
Tekan space untuk memulai game pada saat pertama menekan bendera hijau!
Arrow Keys = Untuk menggerakkan player
B = Untuk menembak peluru biasa
Space = Untuk menembak missile

Aplikasi yang digunakan untuk membuat game ini adalah Scratch dan Adobe Photoshop

Semua coding yang terdapat pada game ini dilakukan oleh kami sendiri dan tidak mengambil code dari manapun

Copyright Disclaimer: Sprite dan sound dari game ini diambil dari internet / tersedia di aplikasi      scratch dan bukan buatan kami sendiri kecuali desain map dari game ini.

Beberapa sumber asset:
http://www.google.com
http://themushroomkingdom.net/media/smb/wav
https://www.youtube.com/watch?v=vzxM7fD8q9w
https://scratch.mit.edu

2) REFERENSI GAME

Game ini terinspirasi oleh game bernama "Tank 1990". Namun, game ini memiliki beberapa hal berbeda dari game legendaris tersebut.
1. Tank 1990 memiliki mode level, sedangkan game ini memiliki mode endless
2. Garuda (base) di game Tank 1990 terletak dibawah, sedangkan game ini terletak di tengah untuk mempersulit game
3. Game ini memiliki beberapa buff berbeda


3) DAFTAR ASSET GAME


SPRITE

Map:
















Tank:

Tank Biru (Player)








Tank Hijau (Enemy)








Base:
Garuda








Bullets:
Red Bullet ( peluru biasa )












Missile ( peluru abu-abu )







Blocks:
Brick wall = Bisa dihancurkan dengan peluru biasa ( peluru merah )







Metal wall = Bisa dihancurkan dengan missile ( peluru abu-abu )







Forest = Menyamarkan tank agar lebih tidak terlihat









Water = Tidak bisa dihancurkan, tidak bisa dilewati (kecuali menggunakan buff barrier), dan peluru akan menghilang saat mengenai water














Buff:
Lightning = Mempercepat tank kita








Slow = Memperlambat tank musuh







Shield = Menambah life







Barrier = Memberi proteksi dan bisa menembus block








Missile = Menambah jumlah missile








SOUND

Background music = Sebagai BGM dari game
Pop sound ( Scratch sound files ) = Saat musuh terkena hit
Zoop sound ( Scratch sound files ) = Saat player terkena hit


4) PENJELASAN POTONGAN PROGRAM


Tank Player

Pemain akan menggerakkan tank ini, menembak tank lawan dan berusaha melindungi Garuda yang berada di tengah. Tank memiliki 3 nyawa dan 2 missile yang bisa ditambah dengan mengambil buff yang berbeda. Tank digerakkan dengan arrow key, menembak bullet dengan ‘B’ dan meluncurkan missile dengan ‘Spasi’. Apabila tank terkena bullet lawan, maka tank kehilangan 1 nyawa. Apabila tank kehilangan seluruh nyawanya atau garuda tertembak, maka game akan berakhir.

AI Tank ( Enemy )
Ketika tank musuh menyentuh tembok / air / metal maka tank akan bergerak ke arah berbeda tergantung posisi tank dengan garuda (posisi garuda: (0,0)). Jika posisi tank berada dalam kuadran I (x positif, y positif) maka tank akan cenderung bergerak ke arah kiri atau bawah, jika berada di kuadran II (x negatif, y positif) maka tank akan cenderung bergerak ke kanan atau ke bawah, jika berada di kuadran III (x negatif, y negatif) maka tank akan cenderung bergerak ke arah kanan atau atas, jika berada di kuadran IV (x positif, y negatif) maka tank akan cenderung bergerak ke arah kiri atau atas, dan apabila tank berada di posisi x=0 atau y=0 maka tank akan bergerak tidak tentu. Gerakan tank ini diatur oleh variable direction. Direction akan mengacak angka mulai 1 sampai 10, apabila direction berhenti di angka 1-4, maka tank akan bergerak ke arah x=0 (atas-bawah); jika berhenti di angka 5-8 maka tank bergerak ke arah y=0 (kiri-kanan); dan jika 9 dan 10 maka tank akan menjauhi garuda. Apabila tank berada di posisi x=0 atau y=0, direction akan mengacak angka mulai 1 sampai 4 dan akan bergerak ke arah manapun dimana direction berhenti (1 ke atas, 2 ke kanan, 3 ke kiri, 4 ke bawah).


Missile

Pertama – tama missile di set sebanyak tiga buah. Missile di set mengikuti posisi tank player dalam keadaan ter-hide. Ketika player menekan tombol space dan jumlah missile lebih dari nol maka missile stock akan berkurang  satu dan missile akan di show kemudian meluncur.
Shoot (Player)
Player shoot awalnya di hide dan di set mengikuti posisi tank player, jika player menekan tombol B maka missile shoot akan ter-show dan meluncur. Apabila missile shoot mengenai ujung, tembok, atau tank musuh maka missile akan ter-hide dan kembali ke posisi tank player. Jika player shoot mengenai tank musuh maka tank musuh akan hilang dan score akan bertambah satu.
Shoot (Enemy)
Enemy shoot awalnya di hide dan di set mengikuti posisi tank musuh, Setiap 8 detik maka missile shoot akan ter-show dan meluncur. Apabila missile shoot mengenai ujung, tembok, garuda, atau tank player maka missile akan ter-hide dan kembali ke posisi tank musuh dan shield atau life akan berkurang dan jika shoot mengenai garuda maka shield akan habis.
BUFF 0
Awalnya buff akan ter-hide kemudian nilai dari buff akan di random dari 0 sampai 4 jika nilai buff = 0 maka buff akan di show pada posisi random selama 7 detik. Jika tank player mengenai buff maka tank mendapatkan kemampuan melewati air dan tembok.
BUFF 1
Awalnya buff akan ter-hide kemudian nilai dari buff akan di random dari 0 sampai 4 jika nilai buff = 1 maka buff akan di show pada posisi random selama 7 detik. Jika tank player mengenai buff maka tank player mendapatkan kemampuan bergerak cepat.  
BUFF 2
Awalnya buff akan ter-hide kemudian nilai dari buff akan di random dari 0 sampai 4 jika nilai buff = 2 maka buff akan di show pada posisi random selama 7 detik. Jika tank player mengenai buff maka missile stock akan bertambah.  
BUFF 3
Awalnya buff akan ter-hide kemudian nilai dari buff akan di random dari 0 sampai 4 jika nilai buff = 3 maka buff akan di show pada posisi random selama 7 detik. Jika tank player mengenai buff maka tank menjadi bergerak lambat.  
BUFF 4
Awalnya buff akan ter-hide kemudian nilai dari buff akan di random dari 0 sampai 4 jika nilai buff = 4 maka buff akan di show pada posisi random selama 7 detik. Jika tank player mengenai buff maka life akan bertambah.

5) GAMEPLAY  

Control:
Tekan space untuk memulai game pada saat pertama menekan bendera hijau!
Arrow Keys = Untuk menggerakkan player
B = Untuk menembak peluru biasa
Space = Untuk menembak missile

* Lag dapat terjadi karena banyaknya asset yang terdapat di game ini. Kelancaran gameplay tergantung pada spec PC/laptop masing-masing *




Comments

Popular Posts