Perkembangan Teknologi Informasi

Oleh:

  1. 0041 - Patrick Sungkharisma
  2. 0053 - Jonathan Alphabert S
  3. 0113 - Octavianus Giovanni Yaunatan
  4. 0119 - Mohammad Ardika Rifqi


Teknologi merupakan kata-kata yang sering kita dengar di dunia yang sudah modern ini. Kehidupan kita saat ini sudah sangat mudah sekali oleh karena bantuan dari teknologi. Pada saat zaman sebelum adanya telepon, orang - orang yang berjarak sangat jauh akan berkomunikasi menggunakan surat. Namun, saat ini semuanya telah dimudahkan dengan teknologi. Kita sudah mengenal telpon, smartphone, laptop, dan hal - hal lain yang dapat menghubungkan kita dengan orang - orang yang secara geografis letaknya jauh dari kita. Tidak hanya dalam hal komunikasi, kehidupan juga menjadi lebih mudah dalam bidang - bidang lain seperti transportasi dan pendidikan.

Apakah Arti dari Teknologi?

Technology ("science of craft", from Greek τέχνη, techne, "art, skill, cunning of hand"; and -λογία, -logia) is the collection of techniques, skills, methods, and processes used in the production of goods or services or in the accomplishment of objectives, such as scientific investigation.(https://en.wikipedia.org/wiki/Technology)
Teknologi merupakan sekumpulan cara yang digunakan untuk memproduksi sesuatu yang dapat memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari - hari. Teknologi sebenarnya sudah ada sejak dulu, melainkan pada zaman ini, teknologi telah berkembang pesat sehingga semua orang bisa merasakan dampak yang besar di kehidupan mereka.

Teknologi pada dasarnya adalah ide yang muncul di otak manusia. Pada saat mereka menemukan masalah, mereka mendapatkan ide supaya masalah itu bisa teratasi dengan efektif dan efisien. Dari ide tersebut, manusia menciptakan konsep membuat suatu jasa / barang yang dapat memudahkan mereka menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu masalah yang dihadapi manusia pada zaman dulu adalah sulitnya mendapatkan informasi.

Apakah Arti dari Informasi?

Information is that which informs. In other words, it is the answer to a question of some kind. It is thus related to data and knowledge, as data represents values attributed to parameters, and knowledge signifies understanding of real things or abstract concepts.(https://en.wikipedia.org/wiki/Information).
Informasi merupakan jawaban atau hasil dari suatu pertanyaan. Informasi berhubungan sangat erat dengan data dan pengetahuan. Pada zaman ini, kita dengan mudah mendapatkan informasi dari mana saja. Contohnya saja, kita bisa dengan mudah mengetahui informasi tentang ramalan cuaca, informasi tentang keluarga dekat kita yang tempatnya jauh dari kita, informasi tentang kondisi negara kita saat ini, dan masih banyak lagi. Pada zaman dulu, susah sekali mendapatkan informasi - informasi ini karena tidak ada teknologi yang memadai untuk mempermudah mendapatkan informasi. Pada era digital ini, kita sudah mengenal yang namanya "Teknologi Informasi" yang dapat memudahkan kita mendapatkan informasi.

Apakah Arti dari Teknologi Informasi?

Information technology (IT) is the application of computers to store, study, retrieve, transmit, and manipulate data, or information, often in the context of a business or other enterprise. (https://en.wikipedia.org/wiki/Information_technology)
Teknologi Informasi adalah segala sesuatu bentuk teknologi baik berupa elektronik dan non elektronik yang dapat mempermudah manusia untuk mendapatkan suatu pernyataan dan data dari satu ke lainnya. Dengan teknologi informasi yang sudah ada sekarang ini, manusia dapat bertukar informasi bahkan tanpa perlu adanya tatap muka. Salah satu perkembangan dari teknologi informasi adalah sosial media yang semakin marak ditemukan di berbagai alat elektronik yang ada sekarang ini.
Dalam suatu teknologi informasi, pasti dibutuhkan materi yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu teknologi infomasi. Berikut ini merupakan materi yang dibutuhkan dalam teknologi informasi antara lain:
1. Penyimpanan Data(Data Storage) sangat dibutuhkan dalam teknologi informasi untuk menyimpan suatu data untuk diolah menjadi suatu infomasi yang diinginkan oleh pengguna dari teknolosi informasi tersebut. Dalam perkembangan teknologi informasi, media yang berfungsi untuk menyimpan data pun juga mengalami perkembangan.
2. Database adalah sekumpulan data yang telah disimpan dalam suatu data storage yang telah tersusun dengan suatu ketentuan dan aturan tertentu yang mempunyai relasi yang baik sehingga mudah untuk diolah menjadi suatu infomasi. Banyak manfaat penggunaan database yaitu dalam hal kecepatan dan kemudahan dalam mengolah suatu data, dapat digunakan bersama sama dalam waktu yang bersamaan, pengontrolan data pusat, memperkecil biaya perangkat yang dibutuhkan dalam suatu teknologi informasi, kemanan data yang lebih terjamin, dan mempermudah untuk membuat suatu aplikasi baru.
3. Data retrival adalah suatu model basis yang membuat data yang tersedia tersusun secara terstruktur dan sifat querynya sudah terdaftar dalam suatu basis yang jelas.
4. Data transmisi adalah adalah proses pertukaran data dari satu user ke user lainnya. Dalam mentransmisi data ada 3 jalur yaitu Unicast, Multicast, dan Broadcast.
5. Data manipulation yaitu proses dimana data yang diterima oleh suatu user diterjemahkan supaya mudah dibaca oleh user yang menerima data tersebut dan manipulasi inilah yang disebut dengan informasi.
Untuk mempercepat proses pertukaran informasi pasti ada suatu perubahan. Dari proses tersebut pasti ada perkembangan-perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa.

Lalu, bagaimana perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa?

Perkembangan "teknologi" informasi bermula dari masa pra-sejarah, berupa  lukisan-lukisan pada dinding gua yang berkaitan dengan berburu dan bintang buruan. Pada tahun 3000 SM, bangsa Sumeria telah menemukan dan menggunakan tulisan dan simbol-simbol yang dibentuk sedemikian rupa dari pictograf sebagai huruf; pada masa ini bisa dikatakan sebagai tahun paling bersejarah bagi perkembangan teknologi dan informasi. Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno telah menemukan dan memanfaatkan simbol-simbol dan huruf yang memiliki bentuk dan bahasa yang lebih maju dibanding pictograf bangsa Sumeria, yang dikenal dengan sebutan simbol Hieroglif.

Pada tahun 1455, Johan Guntenberg untuk pertama kalinya menciptakan dan menemukan mesin tik,
sebagai alat penyampai informasi (dan juga alat komunikasi). Kemudian padatahun 1830, Augusta Lady Byron bersama dengan Charles Babbage menulis program komputer untuk pertama kalinya dengan memanfaatkan mesin Analytical (yang kemudian mesin ini dikenal sebagai komputer digital pertama). Kemudian pada tahun 1837, Samuel Finley Breese Morse bersama dengan Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone menciptakan Telegraf. Dengan diciptakannya telegraf, kemampuan untuk saling bertukar informasi menjadi lebih efektif dan efisien tanpa dibatasi oleh waktu dan jarak.

Tahun 1861 ditemukannya film sebagai alat komunikasi dan penyampaian informasi. Tahun 1899, Herman Holerith berhasil menemukan mesin punched card counting, sebagai media pengumpul infomasi yang terbukti mempersingkat waktu untuk perhitungan data sensus pada masa itu. Tahun 1923, Zvorkyn berhasil menciptakan tabung TV sebagai media informasi dan komunikasi satu arah.

Kemudian pada tahun 1939, Dr. John V. Atanasoff bersama dengan Clifford Berry berhasil merancang komputer elektronik digital pertama, dan sejak saat itulah koputer mengalami peningkatan dan pembaharuan secara terus menerus hingga masa kini.

Tahun 1946, ENIAC I diciptakan dan merupakan tahun paling bersejarah dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menciptakan e-mail pertama untuk bertukar data dan informasi jarak jauh dalam bentuk teks. Pada tahun 1973-1990, istilah internet mulai diperkenalkan melalui protokol standarnya yaitu TCP/IP. Dan pada tahun 1992, perkumpulan internet untuk pertama kalinya dibentuk. Tidak lama setelah itu, CERN merperkenalkan suatu istilah fasilitas nternetyang disebut dengan World Wide Web (WWW) yang dikenal hingga sekarang.

Apakah dampak dari perkembangan teknologi informasi?

Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.

Adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.

Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.

Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu.

Sebagai contoh, Facebook adalah salah satunya. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.

Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari teknologi informasi dan juga komunikasi;

  1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
  2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
  3. Cyber Bullying
  4. Konten negative yang berkembang pesat
  5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
  6. Menjauhkan yang dekat
  7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
  8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca juga: bahaya kecanduan internet)
  9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang


Comments

Popular Posts